SEL KINE - ABSOLUTES


Topik: Kemutlakkan (Absolutes)  
                                                                               T
Begitu banyak sekali hal yang tidak pasti bila ingin tahu samada hal yang benar dan salah. Bagaimana saya ingin tahu apa yang benar/betul?

Keluaran 20 : 1 – Lalu Allah mengucapkan segala Firman ini,
Yohanes 14 : 15 – Jikalau kamu mengasihi Aku, kamu akan menuruti segala perintah Ku

Tuhan memberikan kamu FirmanNya, iaitu Alkitab – supaya kamu dapat mengetahui yang betul dan salah secara mutlaknya.

Roma 8 : 5 - Sebab mereka yang hidup menurut daging, memikirkan hal-hal yang dari daging; mereka yang hidup menurut Roh, memikirkan hal-hal yang dari Roh. 
Galatia 5: 16 - Maksudku ialah: hiduplah oleh Roh, maka kamu tidak akan menuruti keinginan daging. 
  
Tuhan telah memberikan Roh Kudus kepada kamu untuk menolong kamu hidup di dalam ketaatan serta mengajar kamu tentang hal-hal betul yang mutlak, meskipun manusia lama kamu sedang mendatangi kamu untuk memutarbalikan kebenaran yang kamu pegang.

Terkadang ada teman atau orang lain yang mempermainkan ketika saya berbuat baik (hal yang betul) Bagaimana saya mengatasi masalah ini?

Roma 2 : 10 - tetapi kemuliaan, kehormatan dan damai sejahtera akan diperoleh semua orang yang berbuat baik, pertama-tama orang Yahudi, dan juga orang Yunani. 
1 Petrus 3: 14 - Tetapi sekalipun kamu harus menderita juga karena kebenaran, kamu akan berbahagia. Sebab itu janganlah kamu takuti apa yang mereka takuti dan janganlah gentar.

Mengapa saya perlu Kemutlakan? Tidak kah cukup jika saya hanya perlu memakai kemutlakan diri sendiri?

Hakim-Hakim 21 : 25 - Pada zaman itu belum ada raja di Israel. Setiap orang melakukan apa yang dianggapnya benar. 
Amsal 21 : 2 - Setiap perbuatan orang mungkin baik dalam pandangannya sendiri, tapi Tuhanlah yang menilai maksud hatinya. 


Yakobus 4 : 11 - Saudara-saudara, janganlah saling mencela atau saling menyalahkan. Orang yang mencela atau menyalahkan saudaranya yang sama-sama Kristen, ia mencela dan menyalahkan hukum Allah. Dan kalau kalian menyalahkan hukum Allah, itu berarti kalian tidak menuruti hukum-hukum itu, melainkan menjadi hakimnya. 

Sejak permulaan, orang-orang telah melakukan apa yang betul/benar pada pandangan mereka yang mengundang malapetaka ke atas diri sendiri. Alkitab mengajar bahwa kita dilahirkan dalam keadaan sudah berdosa, jadi tidak mungkin bagi manusia yang pada hakikatnya berdosa mampu untuk melakukan hal yang benar/betul pada pandangan nya sendiri. Hal ini akan memimpim kita keluar dari jalan Tuhan. 

Sebagai contoh, kita membeli almari reka siap dan perlu dipasang sendiri berpandukan kepada pelan pasang/manual. Jika anda tidak mengikut pelan pasang yang diberikan, maka almari reka siap tidak menjadi almari yang seperti digambarkan di kedai jualan itu. Hal ini boleh disamakan dengan hidup kita, pelan pasang/manual itu ialah Alkitab – kalau hidup kita tidak berpandukan pada Alkitab, maka hidup kita pasti tidak alkitabiah.

2 Timotius 3 : 16 - Semua yang tertulis dalam Alkitab, diilhami oleh Allah dan berguna untuk mengajarkan yang benar, untuk menegur dan membetulkan yang salah, dan untuk mengajar manusia supaya hidup menurut kemauan Allah. 
   
Pertanyaan Kineo

1)     Apakah yang saya boleh belajar daripada Topik ini ?
2)     Berapa lama (Firman Tuhan) mendorong saya dalam melakukan keputusan harian saya? (Spt Pekerjaan, Persekolah, Perhubungan & Pelayanan)
3)     Kongsikan teladan Tuhan daripada salah satu ayat Firman(Dalam kotak di atas) yang benar-benar berbicara kepada saya.

Comments

Popular posts from this blog

Berani Percaya - Aku Percaya

Pengalaman, Perasaan & Ketulusan

SEL KINEO - AMARAH